Dapatkan Update Artikel & Promosi Terbaru!

Lompat Jauh: Sejarah Singkat, Teknik Dasar, dan Gaya Lompat Jauh

Artikel kali ini akan membahas tetang Lompat Jauh dari mulai Sejarah Singkat, lalu Teknik Dasar, dan Gaya-gaya pada Lompat Jauh. Materi olahraga ini merupakan materi yang paling mudah, dalam praktek disekolah dalam mata pelajaran PJOK, pasti banyak siswa yang mampu melakukannya. Karena hal melompat sangatlah  mudah.

Tapi semudah-mudahnya melompat, tetap saja harus menggunakan teorinya didalam olahraga. Tentunya agar tidak menimbulkan hal negatif untuk fisik. Diharapkan dengan teori-teori yang diajarkan bisa memberikan manafaat yang lebih untuk para olahragawan.

Sejarah Singkat Lompat Jauh

Sejarah Lompat jauh bermula ketika 13 abad lalu, yaitu olahraga ini muncul sekitar tahun 708 Masehi saat ada Olimpiade Kuno di Yunani. Sejarah pun mencatat bahwa olahraga ini juga pernah dilakukan oleh peserta Sparta dengan panjang lompatan sekitar 7,05 meter.

Lapangan Lompat Jauh
Lapangan Lompat Jauh sekarang

Awalnya event dalam Olimpiade Kuno ini diadakan untuk tujuan latihan para militer perang. Lompat jauh juga dipercaya bisa melatih ketangkasan para prajurit perang dalam melompati rintangan seperti jurang atau parit.

Tetapi setelah zaman berubah teknik Olahraga zaman dahulu dan sekarang, pasti berbeda. Karena Lompat jauh zaman dulu diawali dengan start lari pendek dan juga para pelompat harus membawa sebuah beban di kedua tangannya (dikenal dengan nama halteres) yang mempunyai bobot sekitar 1-4,5 kg.

Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang populer dan sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia, termasuk Olimpiade -Olimpiade. Lompat jauh sendiri adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dengan usaha agar badan melayang di udara yang dilakukan dengan cepat dan dengan cara melakukan tolakan satu kaki untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya.

Jarak setiap lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh setelah mendarat.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Terbagi Dasar Lompat jauh sendiri terbagi dalam 4 hal yaitu: awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan. Dan untuk mendapatkan lompatan yang jauh maka kamu perlu menyerasikan ke 4 hal ini sebagai berikut:

a) Awalan

Awalan Gaya Lompat Jauh
Awalan Gaya Lompat Jauh

Teknik dasar yang pertama adalah awalan lari, yaitu dari lari perlahan ke lari cepat, dan harus terkendali dan memungkinkan untuk melakukan tolakan. Jangan sampai melebihi garis tolakan yang sudah ditetapkan.

Disaat kamu mendekati papan tolakan sekitar 3-5 langkah, kamu harus siap mengganti kecepatan gerak lari ke kecepatan tolakan dengan langkah terakhir yang pendek.

b) Tolakan

Tolakan Gaya Lompat Jauh
Tolakan Gaya Lompat Jauh

Langkah berikutnya setelah awalan adalah tolakan kaki, yang bertujuan agar tubuh terangkat ke atas dan melayang di udara. Tolakan sendiri berpengaruh besar terhadap jarak lompatan yang diperoleh.

Perlu diperhatikan, saat melakukan tolakan usahakan kaki kamu sedikit ditekuk, menapakkan kaki, dan meluruskan tungkai kaki untuk lepas landas. Gerakan tolakan yang baik membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan juga koordinasi gerakan yang memadai.

Cara melakukan tolakan atau tumpuan:

  1. Ayunkan paha dan juga kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.
  2. Luruskan sendi mata kaki, lutut, serta pinggang pada saat melakukan tolakan.
  3. Bertolak ke depan dan juga ke atas.
  4. Usahakan Sudut tolakan sekitar 45 derajat.

c) Melayang di Udara

Gaya Lompat Jauh Melayang di Udara
Gaya Lompat Jauh Melayang di Udara

Pada waktu tubuh melayang di udara, usahakan agar tubuh kamu tetap seimbang. Salah satu tips saat kamu mengalami kondisi ini yaitu gerakanlah kaki seperti berjalan. Sehingga berjalan selama melayang di udara bisa mempermudah kamu untuk melakukan pendaratan yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan saat tubuh kamu melayang di udara:

  1. Jagalah keseimbangan badan.
  2. Usahakan tekanan udara sekecil mungkin.
  3. Usahakan melayang di udara selama mungkin.
  4. Mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

d) Pendaratan

Pendaratan Gaya Lompat Jauh
Pendaratan Gaya Lompat Jauh

Hal yang terakhir dalam teknik dasar ini adalah pendaratan. Pendaratan sendiri dilakukan dengan cara menundukkan kepala lalu mengayunkan lengan serta membawa pinggang ke depan.Hal tersebut bertujuan agar anggota badan yang lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki.

Azki Media juga ingin berbagi tips meningkatkan kemampuan teknik lompat jauh dan menghasilkan lompatan yang jauh. Kamu tinggal Perhatikan beberapa faktor berikut:

  • Coba Menentukan jarak awalan yang tepat.
  • Coba Menentukan irama lari awalan.
  • Maksimalkan Kemampuan tolakan dan lepas landas.
  • Maksimalkan Kemampuan gerak melayang di udara.
  • Maksimalkan Kemampuan gerak saat pendaratan.

Gaya pada Olahraga Lompat Jauh

Gaya ini dilakukan ketika badan kamu sedang melayang di udara. Berkut gaya-gaya pada olahraga lompat jauh:

1. Gaya Jongkok (Ortodok)

 

Gaya Jongkok pada Lompat Jauh
Gaya Jongkok pada Lompat Jauh

Gaya yang paling sering dilakukan ketika badan melayang di udara ini berfungsi agar kamu dapat memperoleh kecepatan maksimum ketika ingin melompat.

Disaat tolakan, kita biasa menggunakan kaki yang paling kuat.Pada saat kita sudah mulai melayang maka mulai tekuk lutut kamu ke atas. Disaat akan mendarat, usahakan awali dengan tumit kaki yang sedikit ditekuk.

2. Gaya Menggantung (Schnepper)

Gaya Menggantung pada Lompat Jauh
Gaya Menggantung pada Lompat Jauh

Gaya ini tidak mengubah kecepatan ketika kaki akan bertumpu pada papan tolakan dan cara melakukannya ialah dengan cara badan tegap.

Gerakan kaki diayunkan ke belakang dan juga ke depan bersama dengan kedua lengan. Saat akan melakukan pendaratan, kedua kaki diluruskan kedepan dan juga kedua tumit mendarat lebih dahulu.

3. Gaya Berjalan di Udara (Walking in the air)

Gaya Berjalan di Udara pada Lompat Jauh
Gaya Berjalan di Udara pada Lompat Jauh

Gaya ini cukup populer karena biasa digunakan oleh para atlet lompat jauh, sebutan kerennya yaitu walking in the air. Cara melakukan gaya ini yaitu sebelum melakukan tolakan, pastikan pinggang sedikit diturunkan, paha dan kaki diayunkan secara bebas, lalu luruskan lutut, sendi mata kaki, dan juga pinggang ketika melakukan tolakan.

Kemudian ketika melayang di udara, berjalanlah seperti saat berjalan di tanah, lalu ketika akan mendarat, lengan dan tubuh ditarik ke depan dan ke bawah serta kaki diulurkan sesaat. Teknik ini hampir mirip dengan teknik menggantung di udara.

Apapun olahraga, tentunya kita harus memperhatikan kebugaran jasmani diri kita. Karena memang faktor inilah yang sangat menentukan betapa kesanggupan tubuh kita dalam melakukan sesuatu. Tetapi tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita bisa menaklukan segala kekurangan pada diri kita, biasakan bersyukur atas kemampuan yang kita miliki.

About the Author: Muhammad Haulul Azkiyaa

Blogger yang sehari-harinya hanya belajar dan main gadget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *