Dapatkan Update Artikel & Promosi Terbaru!

Ideologi Kapitalisme: Pengertian, Sejarah, Ciri, juga Kelebihan dan Kekurangannya

Ideologi ada banyak macamnya salahsatunya adalah idelogi kapitalisme, apakah pengertian dan bagaimna sejarah hingga ciri-ciri ideologi kapitalis?

Ideologi Kapitalisme adalah salah satu jenis dari beberapa macam ideologi yang ada didunia. Ideologi Kapitalisme sendiri memiliki pengertian, sejarah dan juga ciri serta kelebihan dan kekurangan tersendiri, berikut pembahasannya.

Pengertian Ideologi Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme sendiri berasal dari kata kapital, yang artinya modal. Ideologi Kapitalisme merupakan suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal dapat melaksanakan usahanya untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.

Kapitalisme memiliki anggapan bahwa modal merupakan satu-satunya unsur untuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Modal yang dimaksud antara lain berupa uang, tanah atau suatu bentuk kekayaan tertentu. Para pengikut kapitalisme menganggap bahwa modal dapat menghasilkan lebih banyak kekayaan.

Ada lagi yang menyebutkan bahwa kata kapitalisme itu berasal dari bahasa latin yang akar katanya “caput” yang berarti kepala. Pada abad 12 & 13 kata tersebut diartikan dengan dana, sejumlah uang, atau persediaan barang atau uang bunga pinjaman. Dalam abad ke-18 istilah itu diartikan lagi dengan kapital produktif.

Karl Heinrich Marx tokoh kapitalisme
Karl Heinrich Marx: Tokoh Kapitalis

Dalam hal ini Karl Marx menyatakan istilah tersebut menjadi suatu konsepsentral yang disebut dengan “cara produksi”.

Adapun Max Weber menganggap kapitalisasi sebagai suatu kegiatan ekonomi yang ditujukan kepada suatu pasar dan dipacu untuk menghasilkan laba dengan adanya pertukaran pasar.

Singkat Sejarah Ideologi Kapitalisme

Adapaun Sejarah perkembangan kapitalisme ini dibagi menjadi 3 fase yaitu sebagai berikut:

  • Kapitalisme awal “1500-1750”
  • Kapitalisme klasik “1750-1914”
  • Kapitalisme lanjut “1914-sekarang”

Tokoh pemikir/pengembang kapitalisme sendiri diantaranya seperti: John Locke, Adam Smith, David Ricardo, Marthin Luther King, Robert Malthus, Lord Keynes, David Hume dan Karl Marx. Contoh kapitalisme misalnya swalayan, penjualan saham, dan pemberian kredit.

Kemunculan Ideologi Kapitalisme

Kapitalisme mulai muncul pertama kalinya di Eropa, sekitar abad ke-16 hingga abad ke-19. Pada masa itu, dunia perekonomian di Eropa dalam masa perkembangan. Kondisi saat memperlihatkan bahwa sekelompok individu maupun ompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu. Hal ini terutama tampak sekali di Perancis.

Revolusi Prancis (1789-1794)
Revolusi Prancis (1789-1794)

Puncaknya, terjadilah revolusi Perancis pada tahun 1789. Para Kapitalis saat itu diserang oleh rakyat yang bosan pada perlakuan dan penindasan yang menjerat rakyat. Sebelumnya mereka dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal seperti tanah maupun manusia.

Hal tersebut berguna dalam proses perubahan dari barang modal menjadi barang jadi. Dalam usaha memperoleh modal-modal tersebut, sebelumnya para Kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin. Selanjutnya, mengumpulkan buruh sebagai tenaga yang mengoperasikan mesin-mesin.

Dapat dikatakan, Kapitalisme merupakan bentuk organisasi ekonomi yang menempatkan sebagian besar atau seluruh sarana produksi, distribusi (penyebaran hasil produksi), dan keuangan menjadi milik pribadi kapitalisme merupakan salah satu cara pandang manusia dalam menjalani kegiatan ekonominya.

Diskriminasi didalam wujud Ideologi Kapitalisme

Keberadaan Kapitalis dianggap sebagai wujud penindasan terhadap masyarakat dengan kondisi ekonomi lemah. Akibatnya, paham Kapitalisme mendapat kritikan dari banyak pihak. Bahkan ada yang cenderung ingin melenyapkannya Adam Smith adalah seorang tokoh ekonomi Kapitalis Klasik.

Adam Smith tokoh ekonomi Kapitalis Klasik.
Adam Smith tokoh ekonomi Kapitalis Klasik.

Ia menganggap merkantilisme ini kurang mendukung ekonomi masyarakat. Merkantilisme merupakan sebuah sistem ekonomi untuk menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan suatu bangsa, dengan pengaturan seluruh ekonomi nasional oleh pemerintah dengan kebijaksanaan.

Tujuannya untuk mengumpulkan cadangan emas memperoleh neraca perdagangan yang baik, mengembangkan pertanian dan industri, dan memegang monopoli atas perdagangan luar negeri. Berdasarkan kepemilikan modal, tentu saja merkantilisme bertolak belakang dengan kapitalisme.

Merkantilisme menempatkan pemerintah negara sebagai penguasa permodalan. Sedangkan kapitalisme meletakkan hak kepemilikan modal pada pribadi atau perseorangan.

Adam Smith juga beranggapan bahwa ada sebuah kekuatan tersembunyi yang akan mengatur pasar. Oleh karena itu, pasar harus memiliki kebebasan dari campur tangan pemerintah Menurutnya, pemerintah hanya bertugas sebagai pengawas dari semua pekerjaan yang dilakukan oleh rakyatnya.

Ciri-Ciri Penganut Kapitalisme

Berawal dari Ideologi kapitalisme liberal akhirnya berkembang menjadi ideologi liberal. Adapun Ciri-ciri negara penganut ideologi kapitalisme adalah sebagai berikut:

  • Kebebasan warga negaranya dijunjung tinggi. Dimana warga negara bebas melakukan apa saja, asalkan tidak melanggar tata tertib hukum.
  • Negara hanyalah bertindak sebagai pengawas jalannya tertib hukum.
  • Pada kapitalis monopolis selalu mengesampingkan nilai-nilai luhur agama sehingga melahirkan sekulerisme (paham yang memisahkan agama dengan negara).

Kelebihan Ideologi kapitalisme

Ideologi kapitalisme dalam sistemnya mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Lebih efisien didalam memanfaatkan sumber-sumber daya serta distribusi barang-barang.
  • Kreativitas masyarakat yang menjadi tinggi karena adanya kebebasan untuk melakukan segala hal yang terbaik dirinya.
  • Pengawasan politik juga sosial minimal, karena tenaga waktu serta biaya yang diperlukan lebih kecil.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara memfasilitasi kompetisi terbuka di pasaran.
  • Hasil dari kapitalisme sendiri adalah sistem ekonomi yang ter-desentralisasi. Faktor inilah yang dianggap sebagai salah satu kelebihan terbesar kapitalisme.
  • Dalam perekonomian yang terdesentralisasi, setiap individu memiliki lebih banyak pilihan didalam berbisnis.
  • Kerja keras sangat dihargai didalam ekonomi kapitalis. Pengusaha yang mempunyai kinerja baik serta mampu terus melakukan inovasi-inovasi akan memenangkan persaingan.
  • Kapitalisme juga membentuk ekonomi yang mana konsumen mengatur pasar.

Kekurangan kapitalisme

Tak luput dari kelebihan yang dimilikinya, sistem kapitalisme sendiri juga mempunyai kelemahan yaitu:

  • Tidak ada persaingan yang sempurna. Dimana persaingan yang ada tidak sempurna dan persaingan monopolistik.
  • Sistem harga yang gagal mengalokasikan sumber-sumber secara efisien, karena adanya faktor-faktor eksternalitas (yaitu tidak memperhitungkan yang menekan upah buruh dan lainnya).
  • Sebagian menganggap persaingan sengit yang dibawa oleh kapitalisme ini sebagai kelemahan utama.
  • Kapitalisme menjadikan ekonomi yang berorientasi pada uang. Perusahaan bisnis akan melihat ekonominya dengan titik pandang materialistik.
  • Profit dipandang menjadi tujuan bisnis utamanya dengan raksasa bisnis yang mengambil alih perusahaan-perusahaan kecil.
  • Kapitalisme memicu berkurangnya SDA, karena kebanyakan dieksploitasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.
  • Kapitalisme juga diyakini menyebabkan distribusi kekayaan yang tidak adil, terutama dengan kekayaan dan kekuasaan yang hanya dikuasai oleh segelintir orang.

Simpulan

Dari beberapa kisah diatas, kita bisa tahu bahwa ideologi kapitalisme ini memiliki suatu kelebihan, dan kekurangan tersendiri didalam seluruh aspek pelaksanaannya, Berikut kelebihan dan kekurangan ideologi Kapitalisme.

Zaman ini kapitalisme berkembang sangat pesat sekali. Sangat terlihat dengan adanya pasar bebas akibat globalisasi yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berbisnis tanpa penghalang khusus.

You May Also Like

About the Author: Muhammad Haulul Azkiyaa

Blogger yang sehari-harinya hanya belajar dan main gadget.

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *